Cara Menginstal Windows 7 Menggunakan FlashDisk

Bukan hal yang baru lagi saya kira, suda banyak postingan mengenai hal ini hanya saja saya ingin menulisnya lagi sesuai dengan pengalaman yang saya alami pada saat saya menginstal comp saya.

Langkah awal sebelum proses penginstalan adalah, sediakan flasdhisk dengan kapasitas 4G (untuk win 7) dan 2G (untuk win xp), sumber windows xp atau windows 7 bisa dari DVD atau Hardisk, sediakan juga software WINTOFLASH bila anda belum memilikinya anda dapat mendowloadnya  disiniSetelah anda mendapatkan beberapa hal di atas, maka anda siap untuk proses penginstalan windows.

Langkah-langkah penginstalan windows:

1. Open/buka software wintoflash, biasanya klo barusan di download berbentuk .rar jadi harus di extract dulu. setelah anda extract maka anda akan menemukan gambar seperti berikut trus di klik 2 kali biar bisa kebuka.

w

Setelah di klik 2 kali maka tampilan nya akan menjadi seperti ini

New Picture 5

2. Kemudian Klik Next aja terus sampai muncul tampilan windows setup transfer wizard seperti gambar di bawah ini.

New Picture 6

trus pilih tab pada Adnvaced Mode

3. Setelah itu ada beberapa pilihan yang akan diberikan, pilih pada pilihan Transfer windows vista/2008/7/8 setup to USB drive. Seperti pada gambar dibawah ini.

New Picture 7

kemudian klik Create

4. Pilih drive Sumber Windows (Bisa pada  CD/DVD Windows atau pada Hardisk) yang akan ditransfer

New Picture 8

contoh gambar apabila sumber windows ada pada CD/DVD, klo pada hardisk biasanya pada drive D, E, F, G.

5. Kemudian pilih USB drive tempat windows akan ditransfer.

New Picture 9

setelah itu tampilannya akan seperti ini

New Picture 10

6. Klik Run dan tunggulah beberapa menit sampai proses transfer selesai. Jika telah selesai di exit saja, dan Flash Disk sudah terinstall Windows dan dapat digunakan.

Software windows pada flashdisk telah kita dapatkan, sekarang tinggal kita instal saja seperti bagaimana kita menginstal windows dengan menggunakan CD/DVD windows..

Langkah-langkahnya adalah:

1. Matikan atau Shutdown komputer anda terlebih dahulu setelah itu colokkan/masukan flashdisk kemudian hidupkan komputer dan masuk ke setingan bios. Masing-masing komputer berbeda-beda dalam cara masuk bios yaitu dengan menekan F1, F2, Del, F10, Esc.

New Picture 12

2. Setelah masuk bios tab pada pilihan boot kemudian setting boot pertama pada USB kemudian yang boot kedua pada HDD (hardisk). Seudah itu tekan F10 (Exit dan Save), ntar komputer akan restart dengan sendirinya.

New Picture 13

3. Jalankan proses instalasi seperti biasanya. Jika masih bingung cara menginstal windows klik disini aja buat tutorialnya. Setelah proses instalasi selesai komputer akan restart dengan sendirinya, cabut/keluarkan flashdisk pada saat komputer mati agar menghindari pengulangan setup.

4. Windows anda telah terinstal dan siap untuk digunakan. jangan lupa untuk mengganti settingan bios ke settingan awal yaitu boot pertama HDD.

New Picture 16

Semoga bermanfaat….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s