Cara Menginstal Windows 7 Menggunakan FlashDisk

Bukan hal yang baru lagi saya kira, suda banyak postingan mengenai hal ini hanya saja saya ingin menulisnya lagi sesuai dengan pengalaman yang saya alami pada saat saya menginstal comp saya.

Langkah awal sebelum proses penginstalan adalah, sediakan flasdhisk dengan kapasitas 4G (untuk win 7) dan 2G (untuk win xp), sumber windows xp atau windows 7 bisa dari DVD atau Hardisk, sediakan juga software WINTOFLASH bila anda belum memilikinya anda dapat mendowloadnya  disiniSetelah anda mendapatkan beberapa hal di atas, maka anda siap untuk proses penginstalan windows.

Langkah-langkah penginstalan windows:

1. Open/buka software wintoflash, biasanya klo barusan di download berbentuk .rar jadi harus di extract dulu. setelah anda extract maka anda akan menemukan gambar seperti berikut trus di klik 2 kali biar bisa kebuka.

w

Setelah di klik 2 kali maka tampilan nya akan menjadi seperti ini

New Picture 5

2. Kemudian Klik Next aja terus sampai muncul tampilan windows setup transfer wizard seperti gambar di bawah ini.

New Picture 6

trus pilih tab pada Adnvaced Mode

3. Setelah itu ada beberapa pilihan yang akan diberikan, pilih pada pilihan Transfer windows vista/2008/7/8 setup to USB drive. Seperti pada gambar dibawah ini.

New Picture 7

kemudian klik Create

4. Pilih drive Sumber Windows (Bisa pada  CD/DVD Windows atau pada Hardisk) yang akan ditransfer

New Picture 8

contoh gambar apabila sumber windows ada pada CD/DVD, klo pada hardisk biasanya pada drive D, E, F, G.

5. Kemudian pilih USB drive tempat windows akan ditransfer.

New Picture 9

setelah itu tampilannya akan seperti ini

New Picture 10

6. Klik Run dan tunggulah beberapa menit sampai proses transfer selesai. Jika telah selesai di exit saja, dan Flash Disk sudah terinstall Windows dan dapat digunakan.

Software windows pada flashdisk telah kita dapatkan, sekarang tinggal kita instal saja seperti bagaimana kita menginstal windows dengan menggunakan CD/DVD windows..

Langkah-langkahnya adalah:

1. Matikan atau Shutdown komputer anda terlebih dahulu setelah itu colokkan/masukan flashdisk kemudian hidupkan komputer dan masuk ke setingan bios. Masing-masing komputer berbeda-beda dalam cara masuk bios yaitu dengan menekan F1, F2, Del, F10, Esc.

New Picture 12

2. Setelah masuk bios tab pada pilihan boot kemudian setting boot pertama pada USB kemudian yang boot kedua pada HDD (hardisk). Seudah itu tekan F10 (Exit dan Save), ntar komputer akan restart dengan sendirinya.

New Picture 13

3. Jalankan proses instalasi seperti biasanya. Jika masih bingung cara menginstal windows klik disini aja buat tutorialnya. Setelah proses instalasi selesai komputer akan restart dengan sendirinya, cabut/keluarkan flashdisk pada saat komputer mati agar menghindari pengulangan setup.

4. Windows anda telah terinstal dan siap untuk digunakan. jangan lupa untuk mengganti settingan bios ke settingan awal yaitu boot pertama HDD.

New Picture 16

Semoga bermanfaat….

Iklan

Cara Menginstal Windows 7

Komputer bukan lah lagi hal yang langka atau baru bagi kita, kita semua pasti sudah mengenal apa itu komputer. Bila mengenal komputer pastinya juga kita mengenal apa yang namanya virus komputer, virus komputer adalah hal yang paling menyebalkan karena dapat merusak sistem windows kita sehingga komputer kita sering eror. Apabila komputer kita sering mengalami eror sebaiknya kita menginstal ulang windows aga tidak eror lagi.

Berikut tutorial penginstalan windows 7:

1. Hidupkan Komputer setelah itu masuk ke BIOS dengan menekan tombol Esc, Del, F1, F2, F10. Gunakan salah satu saja sesuai dengan pengaturan komputer anda, karena masing-masing komputer berbeda caranya untuk masuk ke BIOS

2. Setelah masuk BIOS tab pada BOOT setting kemudian tempatkan CD-ROOM / DVD DRIVE pada BOOT pertama dan HDD pada BOOT ke dua

bios

 

3. Masukan CD/DVD instalasi windows 7 dan tekan tombol F10 untuk Save dan Exit.

4. Komputer akan restart secara otomatis. Pada saat komputer hidup kembali akan muncul tapilan seperti ini

windows 7 1

 

Tekan tombol apa saja (Enter/Spasi) untuk booting dari CD/DVD.

5. Tunggu hingga tampilan nya seperti ini.

windows 7 4

 

Setelah itu Klik NEXT

windows 7 5

 

Klik INSTAL NOW

windows 7 7

Berikan tanda cawang/contreng pada kotak I accept the license terms.

Setelah itu klik NEXT. 

6. Pada langkah selanjutnya adalah langkah yang palin penting yaitu

windows 7 8

 

Pada langkah ini pilih COSTUM (ADVANCED) untuk mengatur pada drive mana kita akan menginstal windows kita, biasanya sih instal windows pada drive C atau yang sering kita kenal dengan system C.

Pada langkah ini juga kita dapat mempartisi/membagi part drive kita menjadi beberapa bagian yang kita suka.

Doc2

 

7. Sebelum anda menginstal windows yang baru, terlebih dahulu anda harus menghapus windows yang lama, yaitu dengan cara mengklik pada pilihan DELETE. Maka tampilannya akan berubah seperti berikut.

Doc3

 

 

Setelah itu klik pada pilihan NEW, maka tampilannya akan menjadi

Doc4

 

arahkan kursor mouse pada drive yang anda pilih untuk instalasi windows (biasanya pada sistem c klo lihat pada contoh gambar yaitu partisi no 2 dari atas). Kemudian klik NEXT dan proses instalasi windows akan berjalan.

windows 7 10

 

Tunggu hingga proses instalasi selesai, biasanya 15-30 menit. Setelah itu komputer akan restart secara otomatis.

8. Setelah restart komputer akan lagi tampilannya akan seperti pada langkah no 4. Pada tahap ini biarkan saja atau jangan tekan apa-apa, karena akan mengulangi setup windows lagi.

9. Windows akan melengkapi instalasi

windows 7 15 (1)

 

kemudian sesudah itu komputer akan restar lagi.

10. Setelah restart dan komputer hidup kembali jangan lupa untuk kembali ke BIOS dan mengganti setingan BOOT nya, yaitu HDD pada booting pertama dan CD – ROOM / DVD DRIVE pada booting ke dua. Hal ini supaya langkah no 4 tidak terulang terus menerus. Setelah selesai menyeting boot tekan F10 (Save dan Exit), komputer akan restart lagi dan langkah no 4 tidak muncul lagi.

11.  Setelah itu anda akan diminta memasukan nama dan serial number untuk windows anda. klo untuk nama anda dapat mengisi nya terserah anda, tapi klo untuk serial number, bila anda tidak punya anda dapat menggunakan windows loader sesuai dengan version windows yang anda gunakan.

windows telah complete dan siap di pakai.

Semoga bermanfaat….